Blender : Pengenalan
Blender adalah salah satu software open source yang digunakan untuk membuat konten Multimedia khususnya 3 Dimensi.
Tahapan belajar pada Blender dibagi menjadi beberapa bagian :
Blender adalah salah satu software open source yang digunakan untuk membuat konten Multimedia khususnya 3 Dimensi.
Tahapan belajar pada Blender dibagi menjadi beberapa bagian :
1. Modeling
Modeling adalah proses pembuatan model objek
dalam bentuk 3D di komputer. Model bisa berupa karakter (makhluk hidup),
seperti manusia, hewan, atau tumbuhan, atau berupa benda mati, seperti rumah,
mobil, peralatan, dan lain-lain.
2. Texturing
Texturing adalah proses pembuatan dan
pemberian warna dan material (texture) pada objek yang telah dimodelkan
sebelumnya sehingga akan tampak suatu kesan yang nyata. Pemberian material atau
texture pada objek 3D akan mendefinisikan rupa dan jenis bahan dari objek 3D.
3. Rigging
Rigging adalah proses ini adalah proses
pembuatan tulang pada object.
4. Lighting
Lighting adalah proses pembuatan dan
pemberian cahaya pada model sehingga diperoleh kesan visual yang realistis
karena terdapat kesan kedalaman ruang dan pembayangan (Shadow) objek.
5. Animation
Animation adalah proses pembuatan animasi untuk model. Animasi dapat berupa gerakan baik gerakan objek/model atau gerakan kamera untuk menciptakan animasi.
Animation adalah proses pembuatan animasi untuk model. Animasi dapat berupa gerakan baik gerakan objek/model atau gerakan kamera untuk menciptakan animasi.
Mengenal tampilan awal (tanpa objek cube)
·
Info Window
: Menu utama Blender yang terdiri atas File, Add, Render, dan Help.
·
3D
View/Viewport : Tampilan yang terdiri dari objek 3D atas objek lainnya.
·
Toolbar :
Terdiri atas daftar tools yang memiliki sifat dinamis menurut objeknya.
·
Outliner :
Struktur data dari objek pada Blender.
·
Properties
: Panel yang memuat berbagai macam perintah untuk memodifikasi objek atau
animasi dan bersifat dinamis mengikuti objek atau tools yang sedang aktif.
·
Timeline :
Instruksi yang terkait dengan frame animasi atau untuk sequencer.

Berdasarkan tampilan diatas, elemen 3D View terdiri dari :
·
3D Cursor :
Dapat memiliki beberapa fungsi sekaligus.
Contohnya : Merepresentasikan di mana objek baru muncul ketika
dibuat pertama kali, atau dapat juga merepresentasikan di mana posisi pusat
rotasi sebuah objek.
·
3D
Transform Manipulator
: Sebuah bantuan visual untuk transformasi objek (grab/pindah,
rotate/putar dan scale/ubah ukuran). Objek dapat juga ditransformasikan
menggunakan shortcut keyboard: [G] untuk grab/pindah, [R] untuk rotate/putar,
dan [S] untuk scale/ubah ukuran.

·
Cube Mesh :
Secara default, Blender akan selalu dimulai dengan sebuah Cube Mesh yang berada
di posisi tengah dari Global 3D space.
·
Light (of
type Lamp) : Secara default, Light ini berada diposisi yang dekat dengan
bagian tengah dari Global 3D space.
·
Camera :
Komponen ini juga secara default berada di posisi yang dekat dengan bagian
tengah Global 3D space.


Didalam blender terdapat 2 mode yang sering digunakan dalam pengolahan sebuah obyek, yaitu : “edit mode” dan “object mode”. Untuk bisa berpindah-pindah diantara kedua mode tersebut, cukup menggunakan TAB. “edit mode” berfungsi untuk melakukan pengolahan terhadap tiap-tiap vertices yang terdapat pada sebuah obyek, sedangkan “object mode” berfungsi mode awal/default pada Blender (screenshot tampilan awal blender diatas dalam object mode). Pada object mode, setiap objek yang ada akan diperlakukan sebagai suatu objek yang utuh. Pada tampilan inilah dapat menambah atau menghapus objek.
TRANFORMATION
Transformation adalah upaya untuk menggeser atau memutar atau mengubah ukuran objek.
Transformation adalah upaya untuk menggeser atau memutar atau mengubah ukuran objek.
Dasar transformasi dalam Blender, meliputi :
·
Grab / Move
: Fungsinya untuk menggeser objek dengan menekan tombol [G].
·
Rotation : Fungsinya untuk memutar objek dengan menekan tombol [R].
·
Scale : Fungsinya untuk menskala (memperbesar atau memperkecil) objek dengan menekan
tombol [S].
Selain menggunakan tombol pada keyboard, transformation pada objek
dapat menggunakan bantuan dari 3D manipulator widget.
(icon 3D manipulator widget)
3D manipulator widget terdiri dari 3 elemen yaitu :
Translate manipulator,
Rotate manipulator, dan
Scale manipulator.
Hotkey merupakan tombol shortcut pada keyboard yang biasa digunakan pada Blender. Yang perlu diketahui, apabila akan menggunakan short pada keyboard maka pastikan terlebih dahulu pada menu File-User Preference-tab Input, checkbox Emulate numpad terpilih.
Angka 0 sampai 1 pada main keyboard menunjukkan urutan layer pada Blender. Objek yang ada pada layer aktiflah yang akan di render. Sedangkan angka pada numpad memiliki fungsi yang berbeda. Angka-angka pada numpad akan membawa perubahan pada view scene. Keterangan fungsi shortcut angka pada numpad, sebagai berikut :
1 = Tampilan depan/muka (Front).
2 = Memutar view ke belakang 150.
3 = Right.
4 = Memutar view dari kiri ke kanan 150.
5 = View persp/ortho. Untuk menampilkan view secara perspektif atau ortografi
6 = Memutar view dari kanan ke kiri.
7 = Tampilan atas (Top).
(icon 3D manipulator widget)3D manipulator widget terdiri dari 3 elemen yaitu :
Translate manipulator,
Rotate manipulator, dan
Scale manipulator.Hotkey merupakan tombol shortcut pada keyboard yang biasa digunakan pada Blender. Yang perlu diketahui, apabila akan menggunakan short pada keyboard maka pastikan terlebih dahulu pada menu File-User Preference-tab Input, checkbox Emulate numpad terpilih.
Angka 0 sampai 1 pada main keyboard menunjukkan urutan layer pada Blender. Objek yang ada pada layer aktiflah yang akan di render. Sedangkan angka pada numpad memiliki fungsi yang berbeda. Angka-angka pada numpad akan membawa perubahan pada view scene. Keterangan fungsi shortcut angka pada numpad, sebagai berikut :
1 = Tampilan depan/muka (Front).
2 = Memutar view ke belakang 150.
3 = Right.
4 = Memutar view dari kiri ke kanan 150.
5 = View persp/ortho. Untuk menampilkan view secara perspektif atau ortografi
6 = Memutar view dari kanan ke kiri.
7 = Tampilan atas (Top).
8 =
Memutar view ke depan 150.
0 = View Camera.
-/+ = Zoom out/ Zoom in.
Z = Merubah tampilan dari solid ke wire dan sebaliknya.
A = Menyeleksi dan menghilangkan seleksi. (pada tampilan edit mode hanya menyeleksi objek Mesh, sedangkan pada tampilan object mode, camera, lamp dan 3D transform manipulator juga terseleksi).
B = Menyeleksi dengan bentuk Kotak.
C = Menyeleksi dengan bentuk Lingkaran.
X = Pada tampilan objek mode, X akan menghapus objek yang dipilih. Sedangkan pada tampilan edit mode, X akan menghapus objek sesuai dengan bagian yang dipilih.
Contoh :
[X] + [F] = Akan menghapus bagian faces (bidang) objek.
[X] + [E] = Akan menghapus bagian edge (garis/batas) objek.
[X] + [V] = Akan menghapus bagian vertices (titik/simpul) objek.
[Ctrl] + [2] = Menggeser view objek keatas.
[Ctrl] + [8] = Menggeser view objek kebawah.
[Ctrl] + [4] = Menggeser view objek kekanan.
[Ctrl] + [6] = Menggeser view objek kekiri.
[Shift] + [4]= Memutar view objek kearah kiri (dari kanan-kiri 150).
[Shift] + [6]= Memutar view objek kearah kanan (dari kiri-kanan 150).
[R] + [Shift] + [X] = Melakukan rotasi objek pada sumbu X serta mengunci sumbu Z dan Y sehingga fokus hanya pada sumbu X.
[S] + [Shift] + [Y] = Merubah ukuran/skala objek pada sumbu Y serta mengunci sumbu Z dan X sehingga fokus hanya pada sumbu Y.
[G] + [Shift] + [Z] = Menggerakan/memindahkan objek serta mengunci sumbu X dan Y.
Objek Mesh yang terdapat pada 3D view secara default adalah Cube, selain Cube ada beberapa objek Mesh lainnya yang dapat diperoleh pada tab Create.
Mesh sendiri merupakan tipe yang paling umum digunakan unuk membentuk model objek yang terdiri dari :
Polygonal Faces (bidang),
Edges (batas/garis), dan
Vertices (simpul), yang semuanya dapat diedit dengan editing tools
di Blender.
Pilihan objek Mesh lainnya adalah :

Sumber : http://tik-gonzaga.blogspot.co.id/2015/07/blender-pengenalan.html
0 = View Camera.
-/+ = Zoom out/ Zoom in.
Z = Merubah tampilan dari solid ke wire dan sebaliknya.
A = Menyeleksi dan menghilangkan seleksi. (pada tampilan edit mode hanya menyeleksi objek Mesh, sedangkan pada tampilan object mode, camera, lamp dan 3D transform manipulator juga terseleksi).
B = Menyeleksi dengan bentuk Kotak.
C = Menyeleksi dengan bentuk Lingkaran.
X = Pada tampilan objek mode, X akan menghapus objek yang dipilih. Sedangkan pada tampilan edit mode, X akan menghapus objek sesuai dengan bagian yang dipilih.
Contoh :
[X] + [F] = Akan menghapus bagian faces (bidang) objek.
[X] + [E] = Akan menghapus bagian edge (garis/batas) objek.
[X] + [V] = Akan menghapus bagian vertices (titik/simpul) objek.
[Ctrl] + [2] = Menggeser view objek keatas.
[Ctrl] + [8] = Menggeser view objek kebawah.
[Ctrl] + [4] = Menggeser view objek kekanan.
[Ctrl] + [6] = Menggeser view objek kekiri.
[Shift] + [4]= Memutar view objek kearah kiri (dari kanan-kiri 150).
[Shift] + [6]= Memutar view objek kearah kanan (dari kiri-kanan 150).
[R] + [Shift] + [X] = Melakukan rotasi objek pada sumbu X serta mengunci sumbu Z dan Y sehingga fokus hanya pada sumbu X.
[S] + [Shift] + [Y] = Merubah ukuran/skala objek pada sumbu Y serta mengunci sumbu Z dan X sehingga fokus hanya pada sumbu Y.
[G] + [Shift] + [Z] = Menggerakan/memindahkan objek serta mengunci sumbu X dan Y.
Objek Mesh yang terdapat pada 3D view secara default adalah Cube, selain Cube ada beberapa objek Mesh lainnya yang dapat diperoleh pada tab Create.
Mesh sendiri merupakan tipe yang paling umum digunakan unuk membentuk model objek yang terdiri dari :
Polygonal Faces (bidang),
Edges (batas/garis), dan
Vertices (simpul), yang semuanya dapat diedit dengan editing tools
di Blender.Pilihan objek Mesh lainnya adalah :

Sumber : http://tik-gonzaga.blogspot.co.id/2015/07/blender-pengenalan.html




Best Casinos for Blackjack - Wooricasinos
BalasHapusWhat you need to 스포츠분석 know about playing a casino online — Jackpot 돌겠네 진짜 City 오공슬롯 offers 검증사이트 plenty of games, the best live 슬롯 사이트 dealers and some of the top-notch live games.
Borgata Hotel Casino and Spa: Employee Reviews and Salary in
BalasHapusSee salary 진주 출장샵 trends 공주 출장샵 and reviews 경주 출장마사지 for Borgata Hotel Casino 강릉 출장마사지 and Spa (www.borgata.com) based on 235 reviews 강릉 출장안마 and salaries posted anonymously by employees. Rating: 4.8 · 19 reviews